Hi dear my friend,  welcome  |  sign in  |

Apakah Darah tipis atau Trombositopenia?

Darah trombosit berfungsi untuk mempromosikan pembekuan darah segera setelah cedera. Trombositopenia mengacu pada jumlah darah trombosit. Jumlah trombosit normal darah berada dalam kisaran mikro 150,000-450,000 per liter darah. Jumlah trombosit di bawah 150.000 disebut sebagai trombositopenia. Jika jumlah platelet turun menjadi 10.000 atau 20.000 karena alasan apapun, seseorang bisa mengalami pendarahan hebat pada suatu cedera atau pendarahan hidung, pendarahan vagina dan bahkan bisa muntah darah.

Trombosit diproduksi di sumsum tulang. Penghancuran sel-sel platelet adalah proses normal dan digantikan oleh sel baru. Tapi, kadang-kadang adalah mungkin bahwa platelet ini hancur pada tingkat yang lebih cepat daripada tingkat produksi. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh infeksi dan jenis ini disebut sebagai trombositopenia trombositopenia idiopatik. Jenis lain adalah kehamilan trombositopenia trombositopenia terkait yang terlihat di sekitar 7-8 persen wanita hamil. Namun, risiko pada wanita hamil dapat dikurangi dengan kelahiran sesar. jumlah darah yang lebih rendah juga dapat disebabkan oleh leukemia, anemia aplastik, kekurangan asam folat dan jenis obat tertentu. Trombositopenia yang terkait dengan HIV, infeksi virus yang serius sangat serius dan penggunaan azidothymidine untuk pengobatan sedang dipertimbangkan.

Pemeriksaan darah menunjukkan jumlah trombosit. Idiopatik trombositopenia dapat diungkapkan dengan menganalisis jumlah sel darah putih dari darah. Ketidakmampuan dari sumsum tulang untuk memproduksi trombosit lebih serius dibandingkan dengan jenis idiopatik.

Pengobatan trombositopenia melibatkan penggunaan steroid, dan lebih parah kasus transfusi trombosit lebih disukai. Namun, kasus-kasus ringan tidak memerlukan pengobatan apapun. Pada saat pengobatan, dianjurkan untuk mengambil istirahat, dan pasien yang seharusnya sembuh dalam jangka waktu delapan minggu. Bahkan setelah perawatan, dianjurkan untuk menghindari trauma untuk jangka waktu tertentu sehingga memungkinkan tubuh untuk benar-benar meremajakan dari kehilangan trombosit. Ada kemungkinan bahwa beberapa kasus yang parah trombositopenia idiopatik tidak merespon terhadap obat-obatan steroid. Dalam kasus seperti operasi pengangkatan limpa membantu untuk mendapatkan bantuan dari trombositopenia. Jika trombositopenia menyertai penyakit uremik hemolitik pada ginjal, adalah penting untuk melakukan dialisis ginjal di samping transfusi darah.

Selama periode pemulihan, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang seimbang yang tepat kaya zat besi sehingga mencegah infeksi lain. Jika trombositopenia ini disebabkan obat-obatan, mengurangi penggunaan obat di bawah bimbingan dokter. Dianjurkan untuk beristirahat dan melindungi Anda dari trauma selama periode pengobatan menarik.

Dengan demikian, dengan informasi di atas melakukan tindakan yang sesuai dengan konsultasi dokter untuk menghindari kerusakan berat seperti kematian. Dalam kasus terburuk kerusakan tidak dapat diubah dan menyebabkan kematian. Jika Anda menderita trombositopenia karena kelahiran, pastikan bahwa Anda harus menghindari menyakiti diri sendiri. Untuk pengobatan yang tepat trombositopenia, adalah penting untuk membedakan dari pendarahan yang hasil akibat kekurangan faktor pembekuan darah tertentu dan vitamin K. Jadi, adalah penting untuk menghubungi dokter jika anda melihat ada perdarahan abnormal.
Sumber: Pedoman Kesehatan

0 komentar: